Chocolate Chip Cookie

Senin, 25 Juni 2012

GALILAI JUPITER

Galilea bulan adalah empat bulan Jupiter ditemukan oleh Galileo Galilei. Sejauh ini terbesar dari banyak bulan Jupiter, mereka terlihat bahkan dalam teleskop kecil atau teropong. Bahkan, jika kondisi mengamati cukup, dimungkinkan untuk melihat Ganymede dengan mata telanjang.

Mereka pertama kali diamati oleh Galileo pada tanggal 7 Januari 1610. Sekarang mengklaim bahwa Gan De, seorang astronom Cina, mungkin telah menemukan bulan di 362 SM, hampir 2 ribuan tahun sebelumnya. Galileo mengamati bulan-bulan 'gerak selama beberapa hari dan menyadari bahwa mereka berada di orbit sekitar Yupiter. Penemuan ini mendukung teori heliosentris Nicolaus Copernicus dan menunjukkan bahwa tidak semua berputar di sekitar Bumi.

Galileo pertama menyebut penemuan Cosmica Sidera, untuk menghormati Cosimo II de 'Medici (1590-1621), grand-duke of Tuscany dari 1609, yang ingin perlindungan Galileo aman. Pada grand-duke's saran, Galileo berganti nama menjadi Medicea Sidera ( "bintang Medici"), karena Medici empat bersaudara (Cosimo, Francesco, Carlo, dan Lorenzo). Penemuan ini diumumkan di Sidereus Nuncius ( "Starry Messenger"), yang diterbitkan di Venesia Maret 1610, kurang dari dua bulan setelah pengamatan pertama.

Di antara nama-nama lain yang diajukan, ada Principharus, Victipharus, Cosmipharus dan Ferdinandipharus, untuk masing-masing dari empat bersaudara Medici, diusulkan oleh Giovanni Batista Hodierna, seorang murid Galileo dan penulis ephemerides pertama (Medicaeorum Ephemerides, 1656). Johannes Hevelius menyebut mereka Circulatores Jovis atau Jovis Comites, dan Jacques Ozanam memanggil mereka Gardes atau Satelit (dari bahasa Latin satelles, satellitis: pendamping). Ini akan menjadi nama-nama yang diusulkan oleh Simon Marius (Simon Mayer), yang mengklaim telah menemukan bulan pada waktu yang sama seperti Galileo, yang akhirnya akan menang: Io, Europa, Ganymede dan Callisto, yang diterbitkan dalam Jovialis Mundus pada 1614.

Galileo tegas menolak menggunakan Marius nama dan diciptakan sebagai hasil skema penomoran yang masih digunakan sekarang, secara paralel dengan tepat nama-nama bulan. Nomor lari dari Jupiter ke luar, sehingga I, II, III dan IV untuk Io, Europa, Ganymede dan Callisto masing-masing. Galileo digunakan sistem ini dalam buku catatannya, tetapi tidak pernah benar-benar diterbitkan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar